Sabtu, 11 Februari 2012

Statistik Menarik Rivalitas Klasik

Jelang Manchester United vs Liverpool


Auzan Julikar Sutedjo - Okezone
Sabtu, 11 Februari 2012 18:19 wib
 
Old Trafford menjadi benteng kemenangan Manchester United atas 
Liverpool/Getty Images
Old Trafford menjadi benteng kemenangan Manchester United atas Liverpool/Getty Images
MANCHESTER – Semua mata dipastikan akan tertuju ke Old Traffod pada malam ini saat Manchester United menjamu Liverpool untuk pertama kalinya sejak Luis Suarez menjalani hukuman.

Dalam sejarah pertemuannya di Old Trafford bila menghitung hanya bentrokan di Liga Inggris saja, Setan Merah meraup 38 kemenangan, Liverpool 15 kemenangan, dan 25 laga berakhir seri.

Berikut adalah fakta-fakta menarik seputar kedua tim dari situs resmi Liverpool, Sabtu (11/2/2012):

Bila Manchester United menang maka mereka akan kembali ke puncak klasemen untuk pertama kalinya sejak 14 Oktober 2011 silam. Ironisnya, tergesernya Setan Merah dari puncak karena hanya bermain imbang 1-1 melawan Liverpool sehari kemudian.

Hattrick Dimitar Berbatov di Old Trafford ke gawang Pepe Reina musim lalu merupakan hattrick pemain United pertama ke gawang The Reds sejak Stan Peterson pada September 1946. Berba sendiri melakukan debut menghadapi Liverpool pada September 2008 di Anfield.

Bila Setan Merah unggul lebih dulu sebelum jeda maka mereka dipastikan takkan kalah. Dari 200 laga Premier League di Old Trafford di mana United unggul terlebih dulu, 188 diantaranya berakhir dengan kemenangan dan 12 lainnya berakhir imbang.

Tim terakhir yang sanggup menjaga gawangnya tidak kebobolan di Old Trafford adalah Glasgow Rangers dalam laga Liga Champions yang berakhir 0-0 pada September 2010. Sejak itu, United selalu berhasil mencetak gol dalam 42 laga kandang mereka di semua kompetisi.

Di Liga Inggris, tim terakhir yang berhasil menjaga gawangnya tidak kebobolan di Old Trafford adalah Aston Villa pada Desember 2009 dalam laga yang berakhir 0-0. Sejak itu mereka berhasil mencetak 42 gol ke gawang tim tamu mereka di Premier League.

Jika Wayne Rooney dkk. berhasil mencetak gol ke gawang Pepe Reina pada Sabtu ini maka mereka akan memecahkan rekor sejarah klub yang telah bertahan 55 tahun saat United berhasil mencetak gol dalam 42 laga kandang mereka dari 1955 hingga 1957.

Di Premier League musim ini, United telah kalah dua kali di Old Trafford yakni dari Manchester City (1-6) dan Blackburn Rovers (2-3). United belum pernah juara Premier League dengan catatan dua kekalahan di kandang sendiri.

Dalam tujuh musim terakhir, United hanya kalah delapan kali di depan pendukungnya sendiri ketika berlaga di Liga Inggris.

Citizens menjadi tim pertama setelah 81 tahun yang mampu mencetak enam gol di Theater of Dreams, sementara saat kalah dari Rovers, United menjadi tim pertama yang sanggup membukukan 1.500 gol di Premier League.

Wayne Rooney boleh mencetak dua gol penalti untuk membawa United bermain imbang 3-3 dengan Chelsea, tetapi dari 16 penalti yang dia dapat selama kariernya di Liga Inggris Rooney telah gagal enam kali.

Dua penalti Rooney itu juga menjadikan United sebagai tim pertama di Premier League yang berhasil mencetak empat gol penalti berturut-turut setelah sebelumnya ke gawang Stoke City (2-0).

Rooney tengah on-fire. Striker 26 tahun ini mencetak empat gol dalam empat laga di liga dan piala domestik terakhir.

Liverpool mencatat rekor tiga kali seri dan sekali menang dalam laga yang diwasiti oleh Phil Dowd musim ini.

Dowd menghadiahi Liverpool empat penalti dalam enam laga terakhir yang dipimpinnya, sementara United diberi dua penalti dari empat laga terakhir.

Gol penyama kedudukan Steven Gerrard dalam laga pertama di Anfield Oktober lalu yang berkesudahan 1-1 merupakan gol ke-1.200 Liverpool di Premier League.

Kemenangan terakhir Liverpool di Old Trafford adalah pada Maret 2009 lalu saat gol-gol Fernando Torres, Gerrard (pen), Fabio Aurelio, dan Andrea Dossena membawa The Reds menang 4-1.

Delapan pertemuan terakhir di antara kedua tim telah tercipta 27.

Dari 39 pertemuan terakhir, hanya satu laga saja yang berakhir imbang tanpa gol. Itu terjadi pada September 2005 di Anfield.

Pemain Liverpool terakhir yang mencetak hattrick di Old Trafford adalah Fred Howe pada 1936.

Dalam 11 laga terakhir di Old Trafford dalam ajang Liga Inggris di antara kedua tim selalu muncul pemenang. Empat bagi The Reds dan tujuh bagi Setan Merah.

Laga Sabtu ini akan menjadi laga ke-15 Kenny Dalglish melawan United sebagai manajer. Dia menang tiga kali, kalah empat kali, dan seri tujuh kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar